Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Teknologi Yang Mengubah Jalannya Sejarah Kehidupan Manusia

25 Teknologi Yang Mengubah Jalannya Sejarah Kehidupan Manusia

Teknologi hadir dan menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini. Manusia seolah tidak dapat berfungsi tanpa smartphone, tablet, dan komputer yang merupakan alat dari produk teknologi modern.
Kredit : Pixabay
Berbagai aspek kehidupan sehari-hari mulai dari bekerja, berbelanja, belajar, hingga mencari informasi semua dilakukan dengan bantuan teknologi.

Dalam waktu yang sangat singkat, teknologi meledak di pasaran dan penggunaannya meningkat drastis, bahkan sampai membuat banyak orang tidak bisa hidup tanpanya.

Untuk memahami bagaimana manusia meninggalkan zaman kegelapan yang sebenarnya belum lama berselang, ke tempat yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini yang mengubah jalannya kehidupan manusia, penting untuk memahami bagaimana proses perkembangan teknologi itu terjadi.

Penting untuk memahami perkembangan teknologi selangkah demi selangkah untuk sampai pada pemahaman tentang ketergantungan manusia pada aspek ini.

Semua teknologi lahir dengan tujuan. Misalnya, mesin pencari diciptakan untuk memilah-milah sejumlah besar data online. Dalam setiap perkembangannya, teknologi baru menggabungkan teknologi yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari yang sebelumnya digunakan. Dan ini berlanjut hingga hari ini.

Dengan kecepatan evolusi teknologi yang begitu cepat, tidak heran jika banyak orang berjuang untuk mengikutinya. Menengok kembali ke tahun 1990-an, Internet adalah komoditas baru yang belum dapat diakses oleh semua khalayak.

Untungnya, karena semakin banyak orang menemukan nilai dan manfaat Internet, teknologi ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi seperti sekarang ini. Dikutip dari Esemanal.mx inilah sejarah perkembangan teknologi dari masa ke masa yang mengubah jalannya kehidupan manusia;


­čö╣Sistem Operasi (OS)
✍­čĆ╗Tahun: 1960
Konsep ini muncul pada tahun 1950-an, meskipun Sistem Operasi pertama dalam sejarah dibuat pada tahun 1956 untuk komputer IBM 704, pada dasarnya yang dilakukannya hanyalah memulai eksekusi suatu program ketika yang sebelumnya selesai. Agak jauh dari misinya saat ini: untuk menyediakan antarmuka yang lebih sederhana kepada pengguna (program atau manusia) dan untuk mengelola sumber daya perangkat keras, baik dalam ruang maupun waktu. Di antara sistem operasi pertama adalah Fortran Monitor System (FMS) dan IBSYS. Pada 1960-an UNIX muncul, yang merupakan dasar dari sebagian besar OS, pada 1970-an bahasa pemrograman C dikembangkan, yang dirancang khusus untuk menulis ulang kode UNIX sepenuhnya. MacOS, MS-DOS, dan Windows membuat terobosan di tahun 80-an, sementara Linux melakukannya di tahun 90-an.


­čö╣Mikroprosesor
✍­čĆ╗Tahun : 1971
Awalnya dirancang untuk kalkulator, Intel merilis chip silikon yang berisi 2.300 transistor, 4004, secara resmi membuat mikroprosesor pada sebuah chip. Peralatan itu memiliki kecepatan clock 740 KHz, dengan jalur sirkuit berukuran 10 mikron (10.000 nanometer), saat ini server berkinerja tinggi memiliki jutaan kali jumlah transistor.


­čö╣Komputer Pribadi
✍­čĆ╗Tahun : 1971
Sebelum mesin Steve Wozniak, Apple I muncul pada tahun 1976 pada awal dekade itu, John Blankenbaker menciptakan komputer pribadi tipe komersial pertama: Kenbak 1. Yang relevan - meskipun penemuan itu sendiri sudah Penting — konstruksi peralatan ini didasarkan pada komponen TTL, karena merupakan pendahulu mikroprosesor, yang diluncurkan oleh Intel bertahun-tahun kemudian. Pada tahun 1977 kemunculan Apple II akan memecahkan kancah komputer, untuk dibangun secara seri dan didistribusikan secara besar-besaran.


­čö╣E-mail
✍­čĆ╗Tahun : 1971
Pada saat ARPANET, (yang kemudian menjadi Internet), insinyur Amerika Utara Ray Tollison mengirim pesan dalam jaringan itu, menggunakan simbol @ (at) untuk menentukan penerima pesan dan dengan aplikasi SNDMSG. Namun pada tahun 1996 semuanya berubah akibat munculnya Hotmail, sebagai layanan email gratis pertama untuk masyarakat umum.
Pada tahun 1997, Microsoft mengambil inisiatif sebesar $400 juta, membuka jalan bagi salah satu media massa favorit para peretas untuk menyerang.


­čö╣Internet
✍­čĆ╗Tahun : 1972
Sulit membayangkan dunia tanpa jaringan jaringan: tanpa e-mail, atau mesin pencari Web, atau YouTube, atau jaringan sosial. Tidak akan ada ruang obrolan, tidak ada blog, juga tidak akan ada siswa yang dapat membaca buku tanpa meninggalkan rumah. Apa yang dimulai pada tahun 1967 sebagai proyek di Amerika Serikat di Advanced Research Projects Agency (ARPA) untuk membuat jaringan komputer yang disebut ARPANET, sekarang digunakan oleh lebih dari satu miliar orang. Pada tahun 1972, sistem terbukti dapat beroperasi, sehingga jaringan 40 titik yang terhubung dibuat di lokasi yang berbeda. Pada tahun 1982, ARPANET mengadopsi protokol TCP/IP, memberi jalan kepada Internet (Internasional Net).
Pada tahun 1991 diperkenalkan World Wide Web (WWW), sebuah jaringan portal yang dapat dicari dan ditampilkan dengan HyperText Transfer Protocol (HTTP), tetapi penggunaannya tidak eksponensial, karena pada akhir tahun 1992 hanya ada 50 situs Web di seluruh dunia, dan hanya 150 pada tahun 1993. Dengan lahirnya, pada tahun yang sama, mesin pencari yang mudah dipasang dan digunakan seperti Mosaic, situs baru dan aktivitas komersial di internet, serta tampilan komputer yang lebih mudah diakses oleh publik, Internet memulai perjalanannya ke apa yang kita kenal sekarang.
Saat ini para ahli mengatakan bahwa kita berada di Web 3.0, berdasarkan layanan komunitas, akses ke jaringan dari media, situs, atau komputer apa pun. Dengan berita yang relevan seperti penggunaan kecerdasan buatan.


­čö╣Mouse komputer
✍­čĆ╗Tahun: 1973
"Mouse" pertama lahir di Kanada pada 1950-an, namun prototipe pertama diberikan kepada Douglas Engelbart, seorang Amerika yang saat itu sedang mengerjakan mesin yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan manusia ( teknologi seperti antarmuka grafis, video dan obrolan muncul dari proyek itu). Proposal ini dikembangkan oleh Xerox PARC, tetapi menjadi terkenal ketika dipasarkan oleh Apple. Tidak seperti model itu, yang berharga $300 dan hanya bertahan dua minggu, Steve Jobs meminta mouse yang dapat dibuat dengan harga kurang dari $15 dan memiliki masa pakai setidaknya dua tahun.


­čö╣Fotografi digital
✍­čĆ╗Tahun: 1975
Jalannya dimulai dengan insinyur muda dari perusahaan Jepang Kodak, Steven Sasson, ia memiliki misi mencari utilitas untuk sensor CCD, dengan tujuan akhir menciptakan kamera di mana tidak ada tempat bergerak. Semuanya harus digital, mulai dari pengambilan gambar hingga penyimpanan informasi (yang setengah tercapai). Beginilah lahirnya 'hulk' seberat 3 kilogram, dengan kemampuan merekam resolusi 100 × 100 piksel (kualitas setara dengan 0,01 megapiksel), yang membutuhkan 23 detik untuk menyimpan foto hitam putih di kaset. orang lain untuk mengambilnya.
Pada tahun 1986, Kodak menemukan sensor megapiksel pertama di dunia dan pada tahun 1991 Dycam Model 1 dianggap sebagai kamera pertama dari jenisnya di pasar. Dan pada tahun 1999 ketika Nikon D1 muncul, dengan 2,74 megapiksel dan biaya awal kurang dari $ 6.000, memberikan akses ke lebih banyak penggemar fotografi dan bukan hanya profesional. Untuk tahun 2003 Canon memperkenalkan kamera SLR digital pertama. Sementara di Jepang, pada tahun 1999, Kyocera mengkomersialkan VP-210, ponsel pertama yang mengintegrasikan kamera digital, yang dapat merekam 20 gambar atau menyiarkan video dengan kecepatan 2 gambar per detik.


­čö╣Laptop
✍­čĆ╗Tahun : 1981
Bisa dikatakan cikal bakal dari teknologi ini adalah Obsorne I, pada tahun 1981, meskipun sangat terbatas: layarnya sangat kecil, ukuran ponsel, berat 10 kg, yang membuatnya sulit untuk diangkut dan dengan harga yang mahal. di $1.795. Dari sana, komputer muncul yang mulai menciptakan apa yang kita kenal sekarang sebagai mesin portabel: Grid Compas 101, Epson HX-20 dan Compaq Portable Compaq, atau Gavilan SC. Sampai tahun 1986 IBM Convertible PC dihadirkan, dari mana layarnya bisa dilepas, meskipun tidak ada gunanya tanpa ditempatkan di mesin, tetapi yang luar biasa adalah komputer dengan baterai yang dapat diisi ulang akhirnya dihadirkan. Dan baru pada tahun 1991 laptop pertama yang menjadi tren untuk desainnya hadir: Mac PowerBook. Meski berat modelnya 6 kilogram,
Saat ini kami memiliki komputer yang sepenuhnya portabel, dengan kapasitas hingga 16GB dalam RAM dan 1TB penyimpanan internal. Retina display, model tablet convertible, dan bahkan stylus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, belum lagi penyertaan kartu grafis yang sangat kuat.


­čö╣Compact disc
✍­čĆ╗Tahun: 1982
Disk dengan teknologi optik ini dipopulerkan secara komersial oleh sinergi Sony / Philips di awal 80-an, menciptakan kehebohan dalam hal penyimpanan, pertama untuk audio dan kemudian untuk data, menggantikan raja: floppy disk. CD standar berdiameter 12 sentimeter, tebal 1,2 milimeter, dan dapat menampung hingga 80 menit audio atau 700MB data.


­čö╣Layar sentuh
✍­čĆ╗Tahun : 1983
Sangat umum untuk berinteraksi dengan smartphone dengan menggulir dengan jari, yang terkadang tidak dianggap penting karena teknologi ini. Asal-usulnya berasal dari tahun 1970-an, dari Dr. Samuel C. Hurst dan tim penelitinya; yang menggunakan kertas konduktif listrik untuk membaca sepasang koordinat X dan Y, yang memungkinkan untuk menghitung dalam beberapa jam apa yang akan memakan waktu berhari-hari. Idenya menghasilkan layar sentuh pertama. Namun, beberapa sejarawan mengaitkan yang pertama dengan EA Johnson Inggris, sekitar tahun 1965 dan 1967, yang merupakan layar sentuh kapasitif.

Pada 1980-an, HP meluncurkan komputer layar sentuh: HP-150, yang didukung oleh pemancar dan penerima inframerah yang dipasang di sekitar layar Sony CRT 9 inci; sensor tersebut mendeteksi posisi objek non-transparan di layar. Namun, ini sering kotor dengan debu, yang membutuhkan pembersihan terus-menerus untuk pengoperasian yang benar.

Hampir 10 tahun kemudian, Apple memperkenalkan tampilan seperti itu dengan PDA (gagal) yang disebut Newton, dan dengan 'smartphone' pertama IBMlah teknologi itu mulai benar-benar digunakan.


­čö╣Memori flash
✍­čĆ╗Tahun : 1984

Meskipun Intel adalah perusahaan pertama yang mengkomersialkan penggunaan besar-besarannya, Fujio Masuoka Jepang dianggap sebagai bapak teknologi ini, dan berasal dari evolusi memori EEPROM yang kemudian digunakan. Ketika mereka muncul, mereka bekerja dengan memori ROM dari BIOS komputer, meskipun pada saat itu mereka hanya berisi satu sel memori, hari ini, perusahaan seperti TDK memproduksi hard drive dengan jenis produk (NAND Flash) hingga 320GB atau lebih dan dengan kecepatan 33,3 Mb / s, dan perusahaan seperti SanDisk dan Kingston bekerja dengan kapasitas 1TB.

Perlu dicatat bahwa perkembangannya berjalan seiring dengan perkembangan perangkat, misalnya, ketika walkman pertama tanpa bagian yang bergerak (dari perusahaan RIO) diluncurkan pada tahun 1998, teknologi ini masuk akal untuk mendengarkan musik tanpa rasa takut apa pun. Bertahun-tahun kemudian, memori USB akan muncul, yang meskipun memiliki basis yang sama, merupakan teknologi penyimpanan dengan perkembangan yang berbeda.


­čö╣Telepon
✍­čĆ╗Tahun : 1992


Penggunaan smartphone telah menjadi keseharian dan generasi baru semakin tidak terkejut dengan aplikasi dan alat yang mereka tawarkan. Tetapi ketika Motorola meluncurkan DynaTAC secara massal pada tahun 1973, sejarah tidak pernah berpikir bahwa bertahun-tahun kemudian, orang akan benar-benar memiliki pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka di "telapak tangan mereka" berkat komputer mini portabel super kecil namun kuat ini.

Smartphone pertama dirancang oleh IBM pada tahun 1992 dan diberi nama Simon, dengan fitur telepon seluler dan asisten pribadi, dan bahkan terintegrasi dengan layar sentuh. Itu ditunjukkan di pameran COMDEX dan dirilis ke publik pada tahun 1993, dipasarkan oleh BellSouth. Di penghujung edisi ini, Apple telah meluncurkan produk andalan terbarunya iPhone X, versi yang dibanderol hingga 25 ribu peso.


­čö╣Bluetooth
✍­čĆ╗Tahun : 1994


Dipopulerkan oleh Ericsson, dan dengan Jim Kardach sebagai salah satu yang bertanggung jawab untuk pengembangan teknologi komunikasi nirkabel ini, dibaptis mengacu pada salah satu raja Viking: Harald Bl├ątand, yang terjemahan bahasa Inggrisnya adalah Harald Bluetooth, dan yang dikenal untuk menyatukan suku Norwegia, Swedia-Denmark dan mengubah mereka menjadi Kristen. Ini masuk akal dengan proposal, yang berupaya menyatukan komunikasi sistem digital.

Melalui protokol ini, transmisi suara dan data antara perangkat yang berbeda dilakukan melalui tautan frekuensi radio di pita ISM 2,4 GHz, dan perangkat yang terhubung diklasifikasikan sebagai Kelas 1, Kelas 2 atau Kelas 3, dalam referensi terhadap daya pancarnya. Saat ini, lebih dari 1400 merek mengintegrasikan teknologi ini.

Global Positioning System (GPS, untuk akronimnya dalam bahasa Inggris)
Tahun: 1995
Meski lahir pada tahun 1973, teknologi ini resmi dinyatakan berfungsi pada tahun 1995. Pada awalnya, proposal ditujukan untuk segmen militer AS, yang setelah tahun, itu memungkinkan penggunaan sipil dengan batasan tertentu. Aplikasi yang tersedia berorientasi pada sistem navigasi dan aplikasi kartografi: topografi, kartografi, geodesi, sistem informasi geografis (GIS), olahraga gunung, bahari, segala jenis ekspedisi, dll. Juga dalam pola waktu dan sistem sinkronisasi, aplikasi diferensial yang membutuhkan presisi lebih tinggi serta aplikasi militer dan luar angkasa.
Sistem ini mengintegrasikan konstelasi satelit navigasi yang mengorbit planet pada ketinggian sekitar 20.000 kilometer, yang membantu memastikan bahwa saat ini tidak ada yang tersesat saat mengemudi, terutama di kota besar seperti CDMX.


­čö╣Perdagangan Online
✍­čĆ╗Tahun: 1995
Berbicara tentang evolusi perdagangan akan menjadi artikel yang terlalu panjang, karena perubahan yang telah dialami sepanjang sejarah umat manusia tidak ada habisnya. Namun, dengan kedatangan Internet, ada juga perubahan dramatis dalam aktivitas bisnis: eCommerce. Ide utamanya adalah dasar, untuk memanfaatkan alat elektronik untuk melakukan pertukaran atau transaksi komersial melalui jaringan, dan di, oleh, dan untuk bagian mana pun di dunia.
Data pertama menunjukkan tahun 1960 sebagai awal dari jenis kegiatan ini, berkat sistem yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi elektronik dan pertukaran informasi komersial, dan meskipun pada tahun 1994 pizza pertama dijual secara online, pada tahun 1995, dengan penampilan Dari portal seperti Amazon dan eBay itulah aktivitas transaksional positioningnya dimulai.

Saat ini, dan meskipun di negara-negara seperti Meksiko ada kekurangan pekerjaan pada adopsi dan kepercayaan pada keamanan informasi, tahun lalu pasar ini mencapai 300 miliar peso, dan pada tahun 2017 sudah mencapai 22% dari populasi dunia dan setengah dari pengguna yang membeli melalui Internet melakukannya dari perangkat seluler. Menarik, bukan?


­čö╣Penyimpanan/Komputasi Awan
✍­čĆ╗Tahun : 1996
Konsepsi pertamanya dikaitkan dengan John McCarthy, pada tahun 1961, yang membayangkan bahwa teknologi time-sharing di komputer dapat mengarah ke masa depan di mana kekuatan komputasi dan bahkan aplikasi dapat dijual sebagai layanan, dengan cara yang sama seperti air atau listrik. Tetapi sampai tahun 1996 Douglas Parkhill secara menyeluruh mengeksplorasi banyak karakteristik komputasi awan saat ini (penyediaan elastis melalui layanan utilitas), serta membandingkan industri listrik dan penggunaan bentuk publik, swasta, komunitas, dan pemerintah. Tapi itu adalah perusahaan Salesforce.com yang memperkenalkan pengiriman aplikasi bisnis melalui halaman web pada tahun 1999. Pada tahun 2002, Amazon meluncurkan Amazon Web Service, dan dunia berubah.
Pada tahun 2006, Google Docs diluncurkan dan membawa komputasi awan ke garis depan dalam kesadaran publik, sementara Microsoft akan melewati tahun 2009 dengan Windows Azure, dan dua tahun kemudian, Apple meluncurkan layanan iCloud.


­čö╣Memori USB
✍­čĆ╗Tahun : 1998
Dekade di mana floppy disk berkuasa dalam setiap subjek perlindungan informasi, saya mengambil tempat itu dari compact disk (CD), tetapi dengan kedatangan memori flash USB (Universal Serial Bus), mereka menjadi kekuatan memerintah. Ceritanya menceritakan bahwa pada tahun 1998, IBM meminta perusahaan Israel M Systems (kemudian dibeli oleh SanDisk), USB pertama untuk lini G inkPad-nya, kemudian dengan 8, 16, 32 dan 64 megabyte. Namun, Trek Technology dengan model ThumbDrive-lah yang pertama kali muncul di rak-rak toko. Saat ini, berbicara tentang jumlah penyimpanan ini tampak seperti lelucon, karena ada produk 2TB di pasaran, tetapi jika kita berada di tahun 2000, memiliki flashdisk 16MB adalah "hal yang jahat".


­čö╣Pemutar Audio
✍­čĆ╗Tahun : 1998
Pemutar musik pertama dapat dianggap sebagai fonograf Edison yang melanjutkan dengan "pemutar rekaman", namun, ketika Sony merilis Walkman pada 1979, cerita berubah total. Pembuatan lini ini memakan waktu sekitar 25 tahun oleh raksasa Jepang, dan "kematiannya" sebagian besar disebabkan oleh dirilisnya pemutar MP3 di pasar. Format encoding audio, yang menggunakan algoritma kompresi data lossy.

Era digital juga berdampak pada industri musik setelah rilis Diamond Rio PMP300, perangkat pertama dari jenisnya di pasar. Perangkat ini memungkinkan untuk menyimpan lagu di memori internalnya, menghilangkan kebutuhan untuk memuat compact disc dan kaset. Selain itu, format elektronik memungkinkan Anda mengunduh tema dan produksi dari mana saja melalui Internet, membuat proliferasi file-file ini lebih mudah. Munculnya iPod pada tahun 2001, memberikan sentuhan akhir untuk model reproduksi ini untuk menjadi tersebar luas secara besar-besaran, tetapi bertahun-tahun kemudian, kemungkinan mendengarkan musik di smartphone, tampaknya membuat perangkat ini mati.


­čö╣Multifungsi
✍­čĆ╗Tahun : 1998
Meskipun printer memiliki awal yang praktis bersamaan dengan penciptaan komputer pertama, sejak catatan berasal dari tahun 40-an, dan dengan perubahan evolusioner yang penting pada tahun 1953 (kecepatan tinggi pertama), 1957 (matriks pertama), 1968 (printer mini pertama), 1971 (laser Xerox [proses pencetakan kering]), 1976 (kelahiran inkjet) dan 1988, yang ketika itu tiba, dipasarkan secara besar-besaran; 1990 ketika HP meluncurkan printer laser pertama di bawah $1.000. Pada tahun 1991 printer jaringan pertama lahir dan pada tahun 1994 Color LaserJet pertama.

Namun pada tahun 1998, HP meluncurkan laser multifungsi pertama untuk segmen konsumen, sebuah tonggak sejarah karena mengintegrasikan beberapa teknologi: pengguna dan terutama perusahaan dapat mencetak, memfotokopi, memindai, dan mengirim faks, dari perangkat yang sama. Dan terlepas dari kenyataan bahwa tim fungsi tunggal terus dan terus berkembang, kenyataannya adalah bahwa perangkat multifungsi melanggar aturan, berkat pengurangan biaya akuisisi, persediaan, dan teknologi yang pada saat yang sama membantu merevolusi perangkat jenis ini seperti pencetakan warna atau monokrom, koneksi ke jaringan, integrasi driver cetak universal (2005, HP), yang dengannya departemen TI dapat mengelola armada printer secara lebih efektif.


­čö╣Big Data
✍­čĆ╗Tahun : 1999
Meskipun konsep pembangkitan data bukanlah sesuatu yang baru, pada tahun 1999 tercatat sebagai penggunaan pertama istilah dalam sebuah karya akademis: Visually Exploring Gigabyte Datasets in Realtime (ACM). Kemudian 'gelitik' untuk memusatkan perhatian pada analisis informasi dimulai, karena mulai ada sejumlah besar data, dan tidak semuanya berguna. Untuk tahun 2001, Doug Laney, dari konsultan Gartner, mendefinisikan 3 Vs Data Besar, konsep yang mendefinisikan istilah: volume, kecepatan, dan variasi. Dengan lahirnya Web 2.0 pada tahun 2005 dan aplikasi seperti Hadoop, yang merupakan lingkungan data besar perangkat lunak bebas, pemosisian tren ini dimulai.
Pada tahun 2010, jumlahnya sangat mengerikan: data yang dihasilkan dalam dua hari sama dengan jumlah yang dihasilkan dari awal peradaban hingga 2003, menurut Eric Schmidt dari Google. Sementara di tahun 2017 ini, dan dengan munculnya teknologi seperti Machine Learning atau Internet of things, Big data menjadi tersebar luas berkat gelang, aplikasi seluler untuk pekerjaan dan aktivitas rekreasi, dan itu tidak akan berhenti lagi.


­čö╣Wi-Fi
✍­čĆ╗Tahun : 2000
Saat ini, ungkapan paling umum ketika orang pergi ke mana pun adalah: 'apa kunci untuk Wifi?'. Berkat teknologi ini, koneksi dan pertukaran informasi antar perangkat elektronik menjadi sangat mudah tanpa memerlukan koneksi melalui kabel. Fondasi Wi-FI saat ini membawa kita ke tahun 1985, ketika komisi komunikasi Amerika Serikat menetapkan karakteristik yang harus dimiliki jaringan nirkabel, menetapkan frekuensi di mana teknologi ini bekerja yang dikenal sebagai pita ISM (Industrial, Scientific, Medical ).

Pada tahun 1997 standar 802.11 diluncurkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers), dan pada tahun 1999 perusahaan 3Com, Airones, Intersil, Lucent Technologies, Nokia dan Symbol Technologies, berkumpul untuk membuat Wireless Ethernet Compatibility Alliance, atau WECA , yang disebut Wi-Fi Alliance, sejak 2013 dan yang bertujuan untuk menunjuk merek agar lebih mudah mempromosikan teknologi nirkabel dan memastikan kompatibilitas peralatan.

Jadi, pada bulan April 2000, WECA mengesahkan interoperabilitas peralatan menurut standar IEEE 802.11b, di bawah merek Wi-Fi, sehingga menjamin pengguna bahwa semua peralatan di bawah segel itu dapat 'berbicara' satu sama lain tanpa masalah, terlepas dari produsen masing-masing.


­čö╣Jejaring Sosial
✍­čĆ╗Tahun : 2004
Saat ini, tampaknya mustahil untuk berinteraksi dengan dunia tanpa 'Jejaring Sosial', mereka telah menjadi bentuk komunikasi baru untuk generasi baru, namun, sebelum 1994, ketika GeoCities didirikan, seperti pendahulu komunikasi situs, hidup berlalu normal. Dan jika portal Friendster lahir pada tahun 2002, dan pada tahun 2003 Web MySpace, pelopor dalam koneksi online, itu akan menjadi kedatangan Facebook oleh Mark Zuckerberg, pada tahun 2004, yang pasti akan memicu adopsi jaringan (Pada tahun 2006, Twitter dan akan membantu penentuan posisi ini).
Awalnya disusun sebagai platform penghubung untuk mahasiswa Universitas Harvard, kemudian lebih dari separuh siswa (19.500) berlangganan proposal tersebut. Dampak yang ditimbulkannya begitu besar sehingga pada Maret 2017, hampir 2 miliar orang menggunakan Facebook secara aktif, yaitu sepertiga dari populasi dunia atau yang sama: setara dengan total populasi India, Amerika Serikat, dan Indonesia. bersama.


­čö╣YouTube
✍­čĆ╗Tahun : 2005
Pada pertengahan 2000-an, dan tepat ketika ledakan Internet mengambil alih kehidupan pribadi dan pekerjaan pengguna, platform manajemen video muncul: YouTube, menyebabkan revolusi dalam jaringan . Tiga mantan karyawan PayPal, Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim, memiliki ide sederhana: buat tempat di web tempat Anda dapat berbagi video secara publik; sesuatu yang pada saat itu hampir tidak mungkin.

Saya di kebun binatang, adalah klip pertama yang diunggah ke situs tersebut pada 23 April di tahun yang sama, dan itu milik akun Jawed Karim. Di dalamnya, kita dapat melihat 18 detik kunjungan ke San Diego Zoo, disertai dengan komentar singkat tentang gajah di latar belakang, tidak ada yang keluar dari dunia lain.

Itu bahkan tidak dianggap sebagai jejaring sosial, tetapi gudang tempat mengunggah, menyimpan, dan menonton video, jauh adalah influencer yang hari ini dikagumi oleh generasi baru. Setelah pembelian Google seharga 1.650 juta dolar, proposal tersebut tidak berhenti menghasilkan uang dan perubahan yang coba ditiru oleh banyak platform tetapi tampaknya sulit untuk diturunkan, dan lebih sedikit dengan jumlah lebih dari seribu juta pengguna yang terdaftar. oleh portal.


­čö╣Nanoteknologi
✍­čĆ╗Tahun : 1957
Seperti dapat dilihat dengan membaca daftar sebelumnya, perkembangan teknologi akan mengikuti jalur ke atas yang belum pernah terjadi sebelumnya. 24 proposal yang diwujudkan dengan cara tertentu memiliki gangguan pada teknologi lain yang, pada gilirannya, menyebabkan kelahiran dan evolusi yang lain. Untuk saat ini, setidaknya tiga disiplin ilmu diharapkan memiliki interaksi yang kuat dengan TIK dan satu sama lain: nanoteknologi, bioteknologi dan ilmu kognitif.

Mari kita fokus pada yang pertama; itu terkait dengan bahan baru pada skala kecil yang tak terbatas: nanometer adalah sepersejuta milimeter, dan ia bekerja pada skala seratus atau kurang nanometer. Dan aplikasinya terlalu terbuka, meliputi kedokteran, industri farmasi, bioteknologi, material baru, kimia, dirgantara, energi, komputasi, penyimpanan, dan lain-lain. Mari kita ingat bahwa semikonduktor dan skala sirkuit terpadu adalah pendahulu nanoteknologi.

Pada gilirannya, TIK akan memiliki pengaruh pada proposal ini, dengan menggunakan sensor dari berbagai jenis, digabungkan dengan cara dan metode yang berbeda dalam tubuh manusia, menawarkan informasi waktu nyata tentang berbagai proses yang bertujuan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, misalnya, melalui indikator yang dianalisis dari jarak jauh. Pada saat yang sama, kehidupan bisnis akan semakin disusupi, dengan perangkat kecil yang menawarkan banyak keuntungan dari efisiensi dan produktivitas kerja, seiring dengan mobilitas, dan untuk ini, nanoteknologi akan memainkan peran sentral dalam tujuan ini.

Editor : AL Ihsan Lubis (S45)



Posting Komentar untuk "25 Teknologi Yang Mengubah Jalannya Sejarah Kehidupan Manusia"