Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Para Hacker Atau Peretas

Peretasan akun Facebook sering terjadi setiap tahunnya diberbagai negara. Ada beberapa langkah yang harus Anda ambil tidak hanya untuk memulihkan akun Anda, tetapi juga untuk mencegahnya diretas lagi.

Baca Juga :

Waspada! Virus Baru Yang Disebabkan Oleh Jejaring Sosial

Mau Mati Pelan-pelan? Merokoklah Terus Menerus Sampai Mati

Source : Pixabay
Sama seperti email, tidak jarang seseorang, di suatu tempat, mendapatkan akses ke akun Facebook orang lain, dan menggunakannya untuk memposting spam atau yang lebih buruk. Terkadang, kata sandi akun diubah; terkadang tidak. Terkadang jejak tertinggal; terkadang tidak.

Terkadang seluruh isi data akun dirubah, dan Anda akan dapat kehilangan akun Anda secara permanen.

Jika Anda merasa itu terjadi pada Anda, inilah yang perlu Anda lakukan selanjutnya.


Jika Anda mencurigai akun Facebook Anda telah diretas:

  1. Pulihkan akses ke akun Anda
  2. Ubah kata sandi Anda
  3. Periksa atau setel informasi pemulihan akun Anda
  4. Beri tahu kontak Anda
  5. Belajar dari pengalaman
  6. Dapatkan bantuan jika Anda membutuhkannya

1. Pulihkan akun Anda

 Masuk ke akun Facebook Anda segera. Jika Anda bisa, anggap diri Anda sangat beruntung dan lanjutkan ke langkah 2.

Jika Anda tidak dapat masuk, meskipun Anda tahu Anda menggunakan kata sandi yang benar, peretas mungkin telah mengubah kata sandi Anda. coba pulihan email dan nomor telepon Anda disini https://id-id.facebook.com/login/identify

Jika metode pemulihan itu tidak berfungsi - mungkin karena peretas telah mengubah semua informasi pemulihan, Anda tidak mengingat jawabannya, Anda tidak lagi memiliki akses ke email atau telepon pemulihan, atau Anda tidak pernah menyiapkan informasi pemulihan apa pun di tempat pertama - Facebook memiliki beberapa pendekatan tambahan untuk dicoba.

Dapatkan Bantuan dari Teman adalah teknik untuk memberi tahu Facebook nama beberapa teman yang terhubung dengan Anda di Facebook. Facebook mengirimkan mereka informasi pemulihan, yang Anda kumpulkan dari mereka dan berikan ke Facebook untuk memulihkan akun Anda.

Jika akun Anda benar-benar diretas dan Anda tidak dapat memperoleh kembali aksesnya, Anda harus melaporkannya ke Facebook sebagai diretas dengan mengunjungi URL ini: facebook.com/hacked. Itu juga akan mengakses langkah tambahan untuk mencoba mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

SANGAT penting: Jika Anda tidak dapat memulihkan akses ke akun Anda, sekarang akun itu sudah menjadi milik peretas. Kecuali jika Anda mencadangkannya, semua yang ada di dalamnya akan hilang selamanya, dan Anda dapat melewati dua item berikutnya. Anda perlu menyiapkan akun baru dari awal.

Distributor Bahan Plafon & Baja Ringan Sumatera barat

2. Ubah sandi Anda

Saat Anda mendapatkan kembali akses ke akun Anda, segera ubah sandi Anda.

Seperti biasa, pastikan itu kata sandi yang baik: mudah diingat, sulit ditebak, dan panjang. Nyatanya, semakin lama semakin baik. Meskipun saya tidak dapat menemukan jawaban pasti tentang panjang maksimum yang diizinkan oleh Facebook, saya telah melihat bukti anekdot bahwa sandi yang terdiri dari setidaknya 50 karakter berfungsi.

Tapi jangan berhenti disini. Mengubah kata sandi Anda tidak cukup.

3. Ubah (atau setel) informasi pemulihan Anda

Meskipun peretas memiliki akses ke akun Facebook Anda, mereka mungkin memilih untuk tidak menggunakan kata sandi Anda. Dengan begitu, Anda mungkin tidak menyadari bahwa akun tersebut telah diretas sudah sejak lama.

Tetapi apakah mereka mengubah kata sandi Anda atau tidak, mereka dapat masuk dan mengubah informasi pemulihan.

Alasannya sederhana: ketika Anda akhirnya berhasil mengubah kata sandi, peretas dapat mengikuti langkah-langkah "Saya lupa kata sandi" dan mengatur ulang kata sandi dari bawah Anda dan meretas akun Anda lagi, menggunakan informasi pemulihan yang mereka tetapkan.

Periksa alamat email yang terkait dengan akun Facebook Anda dan hapus semua yang tidak Anda kenali atau tidak lagi memiliki akses. Peretas bisa saja menambahkan miliknya sendiri. Pastikan semua alamat email adalah milik Anda dan Anda akan terus dapat mengakses akun tersebut.

Periksa nomor telepon yang terkait dengan akun tersebut. Si hacker bisa saja mengaturnya sendiri. Hapus semua yang tidak Anda kenali, dan pastikan jika nomor telepon diberikan, itu milik Anda dan bukan milik orang lain.

Mengabaikan informasi yang dimasukkan untuk pemulihan akun dapat memungkinkan peretas untuk masuk kembali. Dan, tentu saja, gagal menyetel informasi pemulihan apa pun secara dramatis mengurangi peluang untuk memulihkan akun yang diretas. Luangkan waktu untuk meninjau atau menyiapkan informasi ini dengan cermat.

4. Beri tahu kontak Anda

Beberapa orang mungkin tidak setuju dengan saya, tetapi saya sarankan untuk memberi tahu teman Anda bahwa akun Anda diretas, terutama jika akun Anda memposting spam saat di luar kendali Anda.

Saya yakin ini penting agar mereka tahu untuk tidak memperhatikan postingan atau pesan yang dibuat saat akun berada di luar kendali Anda. Mereka juga dapat mencari upaya phishing menggunakan informasi yang mungkin dikumpulkan peretas dari akun Anda saat mereka memiliki akses ke sana.

5. Belajar dari pengalaman

Salah satu pelajaran terpenting yang dapat dipelajari dari pengalaman ini adalah mempertimbangkan semua cara akun Anda dapat diretas dan mengambil langkah yang sesuai untuk melindungi diri Anda dari kejadian berulang.

  • Gunakan sandi panjang yang tidak dapat ditebak. Gunakan brankas kata sandi sehingga Anda dapat mengatur kata sandi yang benar-benar aman.
  • Jangan bagikan sandi Anda dengan siapa pun.
  • Jangan tertipu dengan upaya phishing. Jika mereka meminta kata sandi Anda, mereka penipu berbahaya.
  • Jangan mengklik tautan di email atau pesan pribadi yang Anda tidak 100% yakin. Banyak upaya phishing mengarahkan Anda ke situs palsu yang meminta Anda masuk, dan mencuri sandi saat Anda masuk ke situs yang mereka kirim.
  • Jika Anda menggunakan hotspot WiFi, pelajari cara menggunakannya dengan aman.
  • Selalu perbarui sistem operasi dan perangkat lunak lain di komputer Anda, dan jalankan alat anti-malware terbaru.
  • Belajar menggunakan internet dengan aman.
  • Pertimbangkan untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor Facebook, di mana hanya mengetahui kata sandi tidak cukup untuk mendapatkan akses

6. Jika Anda tidak yakin, dapatkan bantuan

Jika Anda mengalami kesulitan dengan prosesnya, Anda dapat meminta bantuan Facebook disini https://www.facebook.com/help

Tidak jelas seberapa responsif mereka, dan saya tidak mengharapkan jawaban cepat dengan cara apa pun, tetapi ini mungkin berfungsi sebagai pilihan terakhir.

Selagi melakukannya, temukan seseorang yang dapat membantu Anda menyiapkan sistem yang lebih aman untuk akun Anda, dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Kenyataannya adalah, Anda dan saya pada akhirnya bertanggung jawab atas keamanan kita sendiri. Itu berarti meluangkan waktu untuk belajar dan mengatur segalanya dengan aman. Ya, keamanan tambahan dapat dianggap sebagai ketidaknyamanan. Menurut pendapat saya, berurusan dengan akun yang diretas jauh lebih merepotkan. Melakukan hal-hal dengan benar sejak awal memang sepadan.


Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat untuk keselamatan akun Facebook Anda dan keluarga atau kenalan Anda?, silahkan bagikan artikel ini dengan menekan tombol icon media sosial.


Terima kasih sudah berkunjung.

(S45)

1 komentar untuk "Begini Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Para Hacker Atau Peretas"

  1. Informasi yang menarik, semoga akun Facebook kawan-kawan semua terhindar dari peretas

    BalasHapus

Berani berkomentar Anda bijak!
Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu Anda untuk melakukan SPAM.

Terima kasih ...

Ttd : Admin Sangkibung 45